SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Perdana, Tanah Datar PIlih Duta GenRe




Tanah Datar, KABA12.com — Untuk pertama kalinya kabupaten Tanah Datar lakukan pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) pada Malam Grand Final yang digelar di Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Batusangkar, Jum’at malam (09/03). Dari 39 peserta yang bersaing dalam pemilihan tersebut, Riesky Mily Valdo My mahasiswa IAIN Batusangkar dan Anggelia Ratu Balqis asal SMA 1 Sungayang terpilih sebagai Duta GenRe Tanah Datar 2018.
“Ini ajang yang pertama kalinya digelar dan ini berlangsung meriah dan semarak, dikuti oleh 36 peserta dari Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIKRM) se Kabupaten Tanah Datar,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Adrion Nurdal dalam laporannya.
Dia mengatakan, pemilihan duta GenRe bertujuan meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku yang positif, berkarakter dan berintegritas di kalangan kampus/sekolah maupun masyarakat sekaligus mempromosikan program GenRe. Dimana sasarannya remaja/mahasiswa yang berumur 16-22 tahun baik yang masih sekolah maupun mahasiswa maksimal duduk di semester IV.
“Duta GenRe akan menjadi agen perubahan, mengkampanye Triad KRR. Tidak menikah di usia dini, tidak melakukan penyimpangan seksual dan tidak mencoba-coba narkoba,” katanya.
Sementara, Bunda GenRe Sumatera Barat Ny. Emi Irdinansyah menyambut baik kegiatan pemilihan duta GenRe. Ia berharap dari pemilihan ini akan memotivasi tumbuhnya kelompok GenRe di Tanah Datar.
“Kegiatan ini bernilai positif untuk terbentuknya generasi masa depan sehat dan berkualitas. Semoga akan tumbuh subur kelompok GenRe di Tanah Datar, yang akan menjadi contoh bagi teman sebaya bagaimana menjadi generasi yang sehat, cerdas dan ceria serta membawa pengaruh positif di lingkungannya,” sebut Ny. Emi Irdinansyah.
Kepala Perwakilan BKKN Sumbar yang diwakili Kabid KSPK Mardalena Wati Yulia mengapresiasi GenRe Tanah Datar. Dikatakannya, duta GenRe akan memberi kontribusi positif lahirnya generasi muda yang produktif dan kreatif, sehingga bonus demografi tahun 2020 di Indonesia yang dicita-citakan pemerintah terwujud.
“Dengan terlaksananya pemilihan duta GenRe, masyarakat khususnya generasi muda semakin mengetahui dan memahami sepenuhnya program-program GenRe dan semakin bertambah munculnya kelompok PIK Remaja dan Mahasiwa baru yang aktif menularkan hal-hal yang postif,” ujarnya.
Disi lain, Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekda Hardiman menyambut baik program GenRe yang bertujuan untuk pembentukan karakter dan kualitas generasi muda. Dia menyebutkan, pemerintah daerah sangat konsen terhadap peningkatan kualitas SDM khususnya generasi usia muda.
“Dengan tidak menikah di usia dini, tidak melakukan penyimpangan seksual dan tidak mencoba-coba narkoba, sejalan dengan program pemerinatah daerah yang sangat konsen terhadap penerapan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Luak Nan Tuo,” tegasnya.
Pada Malam Grand Final Pemilihan Duta GenRe Tanah Datar 2018 juga diumumkan pemenang kategori lainnya, seperti Duta GenRe Berbakat Zikra Zulfani (MAN 2 Tanah Datar) dan Viora Nabila Trifitri (SMAN 1 Sungayang), Duta GenRe Favorit Zeoni Saputra (SMAN 2 Lintau Buo) dan Indah Pumadari (SMAN 2 Lintau Buo), Duta GenRe Hafiz dan Hafizah Afdil Akbar (SMAN 1 Sungayang) dan Yulia Sukma (MAN 4 Tanah Datar), Duta GenRe Kepemimpinan Yoga Fagiano (SMAN 1 Salimpaung) dan Nadhila Safira (SMAN 2 Batusangkar) serta duta GenRe Fotogenik Yofi Hendra (SMAN 2 Sungai Tarab) dan Dhea Ade Maulina (SMAN 2 Lintau Buo).
Sementara Akrisian Jayatamal dan Wulan Jenisla Sari yang sama-sama mahasiswa IAIN Batusangkar terpilih sebagai Runner Up 1 dan Gilang Andra Bushido bersama Sunita Rahmadani yang juga merupakan mahasiswa IAIN Batusangkar keluar sebagai juara Runner Up 2.
(Jaswit)
Labels:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget